Meningkatkan Kompetensi, Warga LDII Papua Dan Papua Barat Ikuti Pelatihan Entrepreneurship dan Digital Marketing


Penjabat Ketua Umum DPP LDII Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc saat membuka pelatihan entrepreneurship dan digital marketing secara daring, pada hari minggu pagi (27/09/2020).

Jayapura, ldiijayapura.com – Warga LDII Papua dan Papua Barat mengikuti pelatihan entrepreneurship dan digital marketing dari DPP LDII bekerja sama dengan DPW LDII Provinsi Papua dan DPW LDII Provinsi Papua Barat secara daring yang di ikuti oleh ratusan warga dan pengurus DPW, DPD LDII Kab/Kota se-Papua dan Papua Barat pada minggu pagi, (27/9/2020).


Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat Ketua Umum DPP LDII Ir. KH. Chriswanto Santoso,M.Sc dan didampingi oleh sekretaris DPP LDII H. Rioberto Sidauruk, SH., MH dengan pemateri entrepreneurship oleh H. Arie Wibisono, CA., MBA dan digital marketing oleh H. Wira Pradana, ST yang mana keduanya dari Departemen Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat DPP LDII.


Dalam sambutanya Chriswanto mengutip pidato Menteri Keuangan Sri Mulyani, “pada kuartal ke-3 Indonesia akan mengalami resesi sebesar minus 1,7% hingga 0,6%, hal ini sangat mempengaruhi roda perekonomian masyarakat, oleh karena itu pelatihan ini menjadi sangat strategis karena yang masih survive dimasa pandemi ini adalah salah satunya orang-orang yang mampu memanfaatkan teknologi digital dibidang ekonomi dan perdagangan”.


“DPW LDII Provinsi Papua dan papua Barat merupakan provinsi ke-15 dan 16 yang mengikuti pelatihan ini dalam mengembangkan gerakan ekonomi syariah dan ekonomi digital melalui platform pikub.com dan platform lainya yang dapat kita manfaatkan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi”, tambah Chriswanto.


“Ekonomi tidak semata-mata persaingan atau kompetisi namun ekonomi dapat tumbuh jika menerapkan kemitraan atau partnership, sikap ta’awun, dan saling kerja sama diantara warga kita akan menjadi kekuatan dan kontribusi LDII dalam menggerakan roda perekonomian sehingga akan muncul pengusaha besar di Papua dan Papua Barat”, tutup Chriswanto.

Jajaran pengurus harian dan dewan penasihat DPW LDII Provinsi Papua


Sebelumnya masing-masing ketua DPW LDII Provinsi Papua dan Papua Barat menyampaiakn sambutanya. Dalam sambutanya ketua DPW LDII Papua Barat Drs. Suroto mengucapkan terima kasih atas fasilitas serta dukungan yang diberikan oleh DPP LDII dalam pelatihan yang sangat bermanfaat ini dengan peserta yang mendaftar dari Papua Barat sebanyak 90 peserta.

“Pelatihan ini juga untuk membekali pengurus dan warga LDII dalam menghadapi dampak ekonomi dimasa pandemi sehingga dibutuhkan solusi agar usahanya tetap eksis dimasa pandemi ini”, tambah Suroto.


Selanjutnya Drs. H. Winoto, M.Si selaku ketua DPW LDII Provinsi Papua menyampaiakan, “pelatihan ini penting karena dalam rangka meningkatkan peran serta dan menumbuhkan sikap entrepreneurship dan digital marketing dan bersama mengembangkan pikub.com”.


“Warga LDII Papua yang terdiri dari 12 Kabupaten dan 1 Kota yang mendaftar dalam pelatihan ini sebanyak 295 peserta yang didominasi laki-laki sekitar 77%, dengan kriteria jenis usaha kuliner sebanyak 35%, fashion 22%, agrobisnis 12%, teknologi 12, dan otomotif 5% semoga dapat menyerap ilmu dari para mentor ahli dari DPP LDII”, tambah Winoto.

Jajaran pengurus harian dan dewan penasihat DPW LDII Provinsi Papua Barat

Materi entrepreneurship disampaikan oleh H. Ari Wibisono, Ak., MBA menjelaskan, “kondisi dunia berubah kedepannya serba digital atau transaksi lewat elektronik oleh karenanya kita warga LDII agar bersiap-siap untuk menyongsong hal tersebut dengan sebelumnya belajar digital marketing maka pondasinya adalah kewirausahaan atau entrepreneurship dan temboknya ada dua yaitu secara online dan offline”.

Selanjutnya Ari Wibisono menyampaikan slide materi tentang prinsip-prinsip kewirausahaan dan kunci sukses menjadi pengusaha.


Selanjutnya H. Wira Pradana, ST menjelaskan, “pikub.com adalah marketplace semacam bank data seperti google dan juga merupakan produk munas 2018 silahkan memasarkan maupun membeli di pikub.co.id semuanya gratis dengan tujuan untuk memperkuat roda perekonomian di Indonesia”.

Disesi terakhir ini Wira Pradana menyampaikan materi pengembangan digital ekonomi dan digital marketing.

Materi Digital Marketing


Pada sesi terakhir penyampaian kesimpulan oleh sekretaris DPP LDII H. Rioberto Sidauruk, SH., MH menyampaikan, “sebuah usaha dapat berfungsi dan berkembang dengan baik jika ada komunitas, sebagaimana gojek pada awalnya membangun komunitas terlebih dahului selama 4 tahun sehingga saat ini dapat besar, demikian juga dengan kita dalam mengembangkan pikub.com agar kita majukan bersama sehingga kedepannya kita tetap survive“.

“Dimasa pandemi supaya tetap produkrif dan diharapkan ldii terus berkontribusi untuk mempromosikan mencintai produk dalam negeri sampai produk kita mendunia”, tambah Rio.

“Diera digital ini pengusaha supaya melek teknologi digital dan teknologi informasi agar dapat mengikuti laju perekonomian dan harus diimbangi juga dengan meningkatkan produksi”, tutup Rio. (Dew/Lines)

One Reply to “Meningkatkan Kompetensi, Warga LDII Papua Dan Papua Barat Ikuti Pelatihan Entrepreneurship dan Digital Marketing”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *