LDII Jayapura Ikut Rakornas KPEU Majelis Ulama Indonesia

Ir. H. M. Suaidy Mas’ud , MBA

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) se-Indonesia dengan tema Sinergi Gerakan Ekonomi Umat Menuju Kedaulatan Ekonomi Bangsa via virtual, Sabtu (03/04).

Dalam kesempatan kali ini DPD LDII Kabupaten Jayapura diundang oleh Ketum MUI Kabupaten Jayapura untuk dapat mengikuti Rakornas tersebut yang diwakili oleh wakil ketua H. Muhammad Sabir, S.E dan Sekretaris Desri Eko Winasis, S.E.

Rakornas KPEU MUI ini berlangsung selama dua hari sabtu dan minggu tanggal 3-4 April 2021 yang diikuti anggota MUI, ormas islam, dan lembaga-lembaga keuangan syariah beserta stakeholder secara daring.

Makna dari tema itu, menurut Suaidy Mas’ud yang bertindak sebagai moderator adalah terkait peran MUI bersama ormas-ormas Islam di Indonesia dalam tiga hal.

Pertama, peran MUI sebagai himayatul ummah, yakni untuk melindungi umat dengan fatwa, sertifikasi halal, dan melindungi ekonomi umat.

Peserta Rakornas KPEU MUI via daring

Lalu, kedua adalah khidmatul ummah atau melayani umat. “Tentunya dalam hal ini KPEU MUI, peran ini bagaimana pemberdayaan ekonomi umat memberikan satu jalan bagi pemberdayaan ekonomi umat, menguatkan ekonomi umat, sehingga bisa mandiri” ujar Suaidy.

Ketiga atau terakhir adalah shodiqul hukumah, yaitu prihal perlunya bekerjasma dengan pemerintah, kementerian/kelembagaan, dan yang lainnya saling berkoordinasi dan berhubungan dengan baik.

“Dengan Rakornas ini, kita akan melakukan musyawarah, melakukan langkah-langkah strategis membangun ekonomi umat, yaitu membangun sinergi gerakan ekonomi umat yang tersebar di sana-sini, yang semuanya tentu adalah umat Islam. Oleh karena itu, kita ingin menuju bersama-sama kedaulatan ekonomi bangsa yang didukung oleh ekonomi umat,” jelas dia.

Bersama ini, Suaidy menambahkan, MUI ingin berkiprah membantu ekonomi umat. Di sisi lain, MUI berharap keadaan di dunia juga agar cepat pulih dari situasi pandemi Covid-19. (dew)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *