Jalin Silaturrahim, Pangdam XVII/Cenderawasih Sambut Pengurus LDII Papua di Makodam

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A dengan Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Papua, Ust. Saifullah

JAYAPURA – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A menerima audiensi dan silaturahim pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Papua di Makodam XVII/Cenderawasih, Jl. Polimak IV Atas, Kota Jayapura, Papua, Senin (05/04/2021).

Pengurus LDII yang hadir bersilaturahim diantaranya, Wakil ketua LDII Papua, Ust. Saifullah, Wakil ketua LDII Papua, Drs. H. Syamsudin Karim,  SH, MM, Sekretaris LDII Papua, Ahmad Saefudin, A.Md, dan Bendahara LDII Papua H. Jaenuri, SH.

Dalam silaturahim tersebut, Wakil ketua LDII Papua, Ust. Saifullah mengenalkan kepengurusan yang baru yang merupakan hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) VI LDII Papua, yang diselenggrakan pada tanggal 19 Oktober 2020 yang saat itu dibuka oleh Gubernur Papua Lukas Enembe, yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Papua, Elsye Penina Rumbekwan di Grand Abe Hotel, Abepura.

Ust. Saifullah juga menyampaikan laporan kegiatan LDII Papua sekaligus program kontribusi LDII untuk bangsa melalui 8 (delapan) klaster  yaitu wawasan kebangsaan, keagamaan dan dakwah, pendidikan, ekonomi syariah, kesehatan dan herbal, ketahanan pangan, energi baru terbarukan, dan teknologi digital.  

“Pada tanggal 7-8 April 2021 DPP LDII akan menghelat Musyawarah Nasional (Munas) IX LDII 2021 di Ponpes Minhajjurrosyiddin Jakarta dengan tema Penguatan SDM Profesional Religius untuk Ketahanan & Kemandirian Bangsa Menuju Indonesia Maju dilaksanakan secara luring dan daring yang diikuti oleh pengurus DPW LDII Provinsi, DPD LDII Kota/Kab seluruh Indonesia, dan insya allah akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo,” tambah Ust. Saifullah.

Pengurus harian DPW LDII Provinsi Papua bersama Pangdam XVII/Cenderawasih beserta jajaran.

Sementara itu Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A memberikan apresiasi kepada LDII atas program kerja dan kontribusinya kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Apalagi banyak pengurus LDII Papua yang menjadi pengurus FKUB dan MUI  

Dalam sambutanya, Mayjen TNI Ignatius bersedia menjadi narasumber pada kegiatan LDII Papua sekaligus mengajak kerja sama antara Kodam dengan LDII dibidang wawasan kebangsaan, teknologi informasi dan ketahanan pangan, karena bidang-bidang tersebut saat ini juga digaungkan oleh TNI sampai ditingkat Babinsa telah dibekali ilmu pertanian.

“Bidang terkait lainnya ada program komunikasi sosial (komsos) TNI yang membidangi kesosialan dan bimbingan mental (bintal) dibawah Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat yang membidangi keagamaan,” kata Mayjen TNI Ignatius.  

“Kerukunan umat beragama di Papua supaya dapat dijadikan contoh bagi provinsi-provinsi lain, hal ini juga tidak terlepas dari peran para tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah, TNI/Polri maupun stakeholder lainya yang selama ini menjaga  kerukunan beragama, apalagi banyak pengurus LDII Papua yang menjadi pengurus FKUB dan MUI bagian dari pioneer dari upaya merawat kerukunan beragama dalam kebhinekaan di Tanah Papua,” tambah Mayjen TNI Ignatius.  

Diakhir pertemuan saling bertukar plakat LDII dan Kodam, selanjutnya Pangdam XVII/Cenderawasih memberikan ucapan video selamat dan sukses Munas IX LDII 2021 dengan harapan semoga LDII dapat berkontribusi untuk persatuan dan kesatuan bangsa. dengan tema “Penguatan SDM Profesional Religius untuk Ketahanan & Kemandirian Bangsa Menuju Indonesia Maju”. (dew)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *